Pengertian Tugas-Tugas Perkembangan Menurut Para Ahli
Tugas
perkembangan adalah tugas-tugas yang harus diselesaikan individu pada
fase-fase atau periode kehidupan tertentu; dan apabila berhasil
mencapainya mereka akan berbahagia, tetapi sebaliknya apabila mereka
gagal akan kecewa dan dicela orang tua atau masyarakat dan perkembangan
selanjutnya juga akan mengalami kesulitan.
Menurut para ahli seperti :
- Elizabeth
B. Hurlock (1978) tugas perkembangan yaitu belajar menyesuaikan diri
terhadap pola - pola hidup baru, belajar untuk memiliki cita - cita yang
tinggi, mencari identitas diri dan pada usia kematangannya mulai
belajar memantapkan identitas diri.
- Teori dorongan (motivasi)
dikemukakan Morgan, bahwa segenap tingkah laku distimulir dari dalam.
Bahwa motivasi adalah merupakan dorongan keinginan sekaligus sebagai
sumberdaya penggerak melakukan sesuatu yang berasal dari dalam dirinya.
- Teori
dinamisme mengatakan bahwa di dalam organisme yang hidup itu selalu ada
usaha yang positif ia akan selalu mencari pengalaman-pengalaman baru.
- Kartono
berpendapat bahwa ekstensi anak dipastikan oleh adanya : a) Segenap
kualitas hereditas; b) Pengalaman masa lampau dan masa sekarang, dalam
suatu lingkungan sosial tertentu dan sebagai produk proses belajar
secara kontinyu.
- Havighurst (1953). Mengemukakan bahwa
perjalanan hidup seseorang ditandai oleh adanya tugas-tugas yang harus
dipenuhi. Secara garis besar Havighurst menengaskan bahwa tugas-tugas
perkembangan yang dilakukan seseorang pada masa kehidupan tertentu
adalah disesuaikan dengan norma-norma sosial serta norma-norma
kebudayaan.Tugas-tugas perkembangan dituntut adanya korelasi antara
potensi diri dan pendidikan yang diterima nak, serta norma-norma sosial
budaya yang ada.
Faktor yang Memengaruhi Perkembangan :
- Faktor
genetik yaitu meliputi faktor keturunan yang bersifat tetap atau tidak
berubah sepanjang kehidupan. Bentuknya bias menentukan beberapa
karakteristik seperti jenis kelamin, ras, rambut, warna mata,
pertumbuhan fisik, sikap tubuh dan beberapa keunikan psikologis seperti
temperamen. Sehingga diharapkan potensi genetik yang bermutu hendaknya
dapat berinteraksi dengan lingkungan secara positif sehingga diperoleh
hasil akhir yang optimal.
- Faktor eksternal / lingkungan juga
mempunyai peranan yang besar yaitu empengaruhi individu setiap hari
mulai konsepsi sampai akhir hayatnya, dan sangat menentukan tercapai
atau tidaknya potensi bawaan. Faktor eksternal yang cukup baik akan
memungkinkan tercapainya potensi bawaan, sedangkan yang kurang baik akan
menghambatnya.
A. Sumber Tugas-Tugas Perkembangan
Tugas-tugas
perkembangan manusia, termasuk peserta didik, muncul dari tiga sumber
yang berbeda (Havighurst, 1953),. Pertama, kematangan fisik, misalnya,
untuk belajar berjalan. Kedua, kekuatan sosiostruktural dan budaya,
misalnya, umur minimum untuk perkawinan, umur minimum untuk memperoleh
surat izin mengemudi (SIM), dan sebagainya. Ketiga, nilai-nilai pribadi
dan aspirasi. Faktor-fektor pribadi merupakan hasil dari interaksi
antara faktor-faktor ontogenetik dan lingkungan, dan memainkan peran
aktif dalam munculnya tugas perkembangan tertentu, misalnya, memilih
jalur pekerjaan tertentu.
B. Tugas Perkembangan Setiap Fase Perkembangan
Fase
perkembangan manusia mulai dari bayi, anak - anak, remaja, dewasa, dan
lansia. Setiap fase atau tahapan perkembangan kehidupan manusia
senantiasa berlangsung seiring dengan kegiatan belajar. Tugas fase yang
muncul dalam setiap perkembangan, merupakan keharusan universal dan
idealnya berlaku secara otomatis, seperti kegiatan belajar terampil
melakukan sesuatu pada fase perkembangan tertentu yang lazim terjadi
pada manusia normal. Selain itu, hal-hal lain yang juga menimbulkan
tugas-tugas perkembangan antara lain, (1)adanya kematangan fisik
tertentu pada fase perkembanangan tertentu. (2) adanya dorongan
cita-cita psikologis manusia yang sedang berkembang itu sendiri, dan (3)
adanya tuntutan kultural masyarakat. Setiap anak atau individu
berkembang melalui tahap perkembangan. Setiap tahap, terutama
tahap-tahap perkembangan yang dikemukakan oleh Erickson dan Havigurst
mempunyai tema yang menggambarkan tugas utama dari masa itu. Setiap
tahap juga memiliki tugas-tugas perkembangan konkrit yang penting, yang
harus dicapai si anak atau individu. Dalam rangka memfungsikan
tahap-tahap perubahan yang menyertai perkembangannya manusia harus
belajar melakukan kebiasaan-kebiasaan tententu umpamanya kebiasaan
belajar berjalan dan berbicara pada rentang usia 1-5 tahun. Belajar
melakukan kebiasaan-kebiasaan tententu pada saat atau masa perkembangan
yang tepat dipandang berkaitan langsung dengan tugas-tugas perkembangan
berikutnya.Dalam rentang kehidupannya, manusia melewati tahap-tahap
perkembangan dimana setiap tahap memiliki tugas-tugas perkembangan yang
harus dikuasai dan diselesaikan. Sebagian besar dari kita ingin berusaha
menguasai dan menyelesaikannya pada waktu yang tepat . Beberapa orang
dapat berhasil, sedangkan yang lain kemungkinan tidak berhasil atau
terlalu cepat dari tahap yang seharusnya.
Havighurst membagi tugas-tugas perkembangan selama rentang kehidupan manusia sebagai berikut:
Masa bayi dan awal masa kanak-kanak (0,0-6,0 tahun)
1. Belajar berjalan pada usia 9,00-15,00 bulan
2. Belajar memakan makanan padat
3. Belajar berjalan
4. Belajar berbicara
5. Mencapai kestabilan jasmaniah
6. Membentuk konsep-konsep sederhana kenyataan sosial dan alam
7. Mempersiapkan diri untuk membaca
8. Belajar membedakan benar dan salah, dan mulai mengembangkan hati nurani
Akhir masa kanak-kanak (6,0-12,0, usia SD/sederajat)
1. Mempelajari ketrampilan fisik yang diperlukan untuk permainan-permainan yang umum.
2. Membangun sikap yang sehat mengenai diri sendiri sebagai makhluk yang sedang tumbuh
3. Belajar menyesuaikan diri dengan teman-teman seusianya
4. Mengembangkan ketrampilan-ketrampilan dasar untuk membaca, menulis, dan berhitung
5. Mengembangkan pengertian-pengertian yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari
6. Mengembangkan hati nurani, pengertian moral, dan tata dan tingkatan nilai.
7. Mengembangkan sikap terhadap kelompok-kelompok sosial dan lembaga
8. Mencapai kebebasan pribadi
Min, mau tanya tugas perkembangan ada dibuku apa?? Saya mau liat sumbernya heheh makasi
BalasHapusKak sumbernya udah tau belum???
HapusAku jga mau liat sumbernya ni
Kak mau bertanya mengapa tugas perkembangan individu harus selesai
BalasHapus